Bupati Ajak Mahasiswa Umby Cintai Keberagaman dan Bangun Jatidiri

Rabu, 13 September 2017 - Oleh : humas

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) mengisi kuliah umum bagi mahasiswa baru Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Melalui kuliah umum yang dilaksanakan Selasa, (13/9/2017) di Kampus UMBY ini, Bupati Kulon Progo mengajak agar para mahasiswa baru dapat mencintai keberagaman dan membangun jati diri.

"Masa-masa memasuki kampus adalah masa membangun jatidiri kalian. Jadilah pribadi yang penuh jiwa nasionalisme, cinta tanah air, cinta bangsa ini, cinta keberagaman," ungkap Bupati Kulon Progo, dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Mencintai keberagaman dan Bhineka Tunggal Ika menjadi salah satu poin penting dari pembangunan karakter mahasiswa, sebab memasuki kampus berarti siap menimba ilmu, menggembleng karakter sebagai bekal kehidupan papar Dokter Hasto, Bupati dengan segudang prestasi dan 67 penghargaan nasional selama periode pertama menjabat Bupati.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang memiliki mahasiswa yang berasal dari penjuru nusantara merupakan miniatur bangsa. Pada tataran ini, kesempatan bergaul lintas daerah, suku, dan agama terbuka lebar. Seyogiyanya, mahasiswa bisa belajar kebinekaan dari lingkungan kampus.

Dokter Hasto menambahkan, generasi muda, memiliki peran besar dalam menentukan arah bangsa. Persaingan dalam era globalisasi sangat ditentukan oleh bagaimana sumber daya manusia mengelola potensi bangsanya. Banyak dicontohkan bagaimana keberagaman dan kegotongroyongan dalam membagun Kulon Progo. Salah satu konsep yang cukup terkenal yang dicontohkan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kulon Progo adalah dengan slogan "Bela Beli Kulon Progo".

"Artinya itu masa depan adik-adik sekalian yang akan memasuki MEA. Saya nantinya sudah tua. Kalian yang mengarahkan masa depan Indonesia mau dibawa kemana, lawan pengaruh negatif MEA dengan memperkuat ideologi dan nasionalisme " tandas dokter Hasto.
(at@humaskp)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak