Laporan Tahun 2013

A. Gambaran Umum
PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi merupakan salah satu elemen penting sesuai amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, PPID sebagaimana amanat UU KIP Peraturan Komisi Informasi (Perki) I Tahun 2010 merupakan pejabat yang bertanggung jawab di bidang pengelolaan informasi dan dokumentasi.


Sebagai badan publik, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah membentuk PPID beserta 47 PPID Pembantu yang berada di tiap SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, dengan Surat Keputusan Bupati Kulon Progo nomor 243 tahun 2011 tertanggal 12 Juli 2011 . Dalam melaksanakan tugasnya, PPID bertanggung jawab langsung kepada Ketua KIP DIY.


Dalam pelaksanaan kegiatannya, PPID Kabupaten Kulon Progo selain memberikan pelayanan permohonan informasi, juga melakukan pelayanan terhadap aduan /saran/kritik/usulan dari masyarakat, sehingga semakin
menambah fungsi/peran PPID, dengan harapan menjadikan pelayanan informasi dan aduan masyarakat semakin sederhana, cepat dan murah.


Pelaksanaan pelayanan informasi oleh PPID Kabupaten Kulon Progo selama tahun 2013 berlangsung cukup lancar. Setiap pemohon informasi, baik yang langsung datang ke Desk Layanan PPID Kulon Progo, menelepon, SMS, ataupun berkirim surat (manual dan/atau elektronik) langsung dilayani sesuai Peraturan Bupati Kulon Progo nomor 85 tahun 2012 tentang Pedoman mekanisme konsultasi publik dan pelayanan informasi publik dilingkungan pemerintah daerah, serta Pedoman standar yang telah ditetapkan melalui Standart Operasional Prosedur ( SOP) PPID Kabupaten Kulon Progo, dimana acuan SOP tersebut adalah Peraturan Komisi Informasi (Perki) nomor 1 Tahun 2010...

Selengkapnya silahkan download file