PPID Kulon Progo Studi Orientasi di Kota Pekalongan

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi serta pengelola statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo melakukan Studi Orientasi Peningkatan Kapasitas Pelayanan Informasi dan Dokumentasi serta Statistik di Dinas Kominfo Kota Pekalongan Propinsi Jawa Tengah, Jum,at (9/11).  

Rombongan di pimpin Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik R.Sigit Purnomo, SIP, beserta Kasie Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Heri Widada, SIP,MM, Kasie Statistik Etik Nurmayati,S.Si dan staf, diterima Kasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik pada Bidang Pengelolaan Informasi & Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Pekalongan Nurul Indrawati, SH, MH dan Kasi Pengelolaan Statistik Daerah pada Bidang Pengelolaan Infrastruktur Informatika dan Statistik Daerah Susilaningsih, SE, M.Si.
Sigit Purnomo menyampaikan bahwa maksud kunjungan untuk melihat dan mendengar langsung keberhasilan PPID Kota Pekalongan menjadi yang terbaik di Propinsi Jawa Tengah terkait pelayanan informasi dan data. Dengan harapan dapat di implementasikan di Kulon Progo.

 Nurul Indrawati selaku pengelola PPID Kota Pekalongan membenarkan bahwa Pemerintah Kota Pekalongan dalam penghargaan badan publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Propinsi Jawa Tengah pada tahun 2017 berhasil meraih juara pertama sebagai Badan Publik kategori Informatif 1 dengan nilai 97,1 untuk Kabupaten dan kota.

“Keberhasilan ini karena seluruh SKPD telah menyiapkan informasi berkala, setiap saat dan serta merta juga dukungan data-data yang di sediakan oleh masing-masing PPID Pembantu,”terang Nurul.
Nurul menambahkan untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, diawali dengan mengandeng LSM Pattiro yang peduli dengan implementasi UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Hadirnya LSM yang juga mempunyai kantor di kota Pekalongan menjadi modal bagi Dinas Kominfo untuk mewujudkan keterbukaan informasi, sampai di  seluruh SKPD.

Sementara data-data SKPD yang selalu up to date melalui Open Data Smart City Pekalongan juga karena sudah adanya budaya sadar data di lingkup Pemkot Pekalongan.