Siaran Keliling Pemkab Imbau Pengunjung Waduk Sermo Taat Protokol Kesehatan

KOKAP – Kawasan wisata Waduk Sermo tetap buka pada Selasa (28/7/2020) meski keadaan pandemi terus berlanjut dan masih bertambahnya jumlah kasus di Kabupaten Kulon Progo. Menurut petugas retribusi, Mugiyono, di masa pandemi ini wisatawan cukup berkurang banyak, dalam satu hari hanya ada 50 hingga 60 pengunjung, sedangkan sebelum Covid-19, wisatawan bisa mencapai 200 pengunjung lebih.

“Untuk protokol kesehatan, kita ada cek suhu dan wajib pakai masker. Setiap pengunjung dimintai data untuk nama, alamat, dan juga nomor hp,” tambahnya.

Meski sudah dilakukan protokol kesehatan, tetapi masih ada wisatawan yang belum mematuhi protokol kesehatan. Petugas terpaksa meminta wisatawan untuk putar balik mencari masker karena pihak petugas tidak menyediakan masker. Wisatawan harus memakai masker untuk memasuki kawasan wisata Waduk Sermo.

Selain wajib menggunakan masker, pengunjung dengan suhu badan tinggi diminta untuk istirahat terlebih dahulu, kemudian akan dicek kembali suhunya. Apabila suhu masih tinggi, pengunjung akan dikarantina di wisma. “Belum ada pengunjung yang suhunya tinggi, paling tinggi 38 derajat dan diminta untuk istirahat dulu. Paling tinggi harusnya 37,5 derajat.”

Pihak pemerintah pun telah memberikan surat edaran terkait protokol kesehatan kepada pihak tempat wisata sesuai aturan pemerintah. Selain itu juga dilengkapi dengan pantauan dari satuan polisi pamong praja (satpol pp) setiap harinya dengan sistem shift, paling sering saat libur (weekend). Satpol pp akan dibantu dengan gabungan dari polres maupun polsek.

Mugiyono mengaku, belum ada pembatasan jumlah pengunjung di kawasan wisata Waduk Sermo. Namun, pembatasan jumlah pengunjung sudah diterapkan di kawasan wisata Taman Bambu Air Waduk Sermo dengan pengunjung maksimal 60 orang.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo juga melakukan agenda dinas untuk mengimbau masyarakat dengan kegiatan Siaran Keliling PemKab melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kulon Progo dalam Rangka Imbauan Terkait Covid-19. Dalam siaran keliling ini juga disampaikan pesan dari Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. Sutedjo juga meminta masyarakat agar tetap di rumah saja untuk mengurangi penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Kulon Progo yang saat ini sudah bertambah kasus dari klaster baru Lendah. MC Kulon Progo/Lia/Retri.